Sunday, April 27, 2014

mendadak stop motion




ceritanya adikku disuruh bikin video stop motion buat tugas sekolahnya, (yea, tugasnya asik bener kan?) terus dia minta tolong gue bantuin bikin videonya. nah tau pengertian stop motion kan? stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik dlam bentuk gambar (tidak bergerak) agar terlihat seperti bergerak (video). bikinnya susah2 gampang. susahnya adalah kita harus punya kumpulan gambar secara sequence minimal 100 buah gambar berurutan untuk membuat video dengan durasi 25 detik. teknik pengambilan gambarnya pun harus cermat, karena jika terlalu jauh urutannya maka gerakan gambar akan terlihat tidak real. mudahnya adalah, karena ini bukan kali pertama gue bikin stop motion (dulu pernah bikin buat anniversary sama pacar. videonya bisa dilihat disini) tapi sayang banget kameranya jelek. kelemahan gue dari dulu selalu itu tuh, kamera yang gue pake jelek buat video jadi hasilnya begitu deh, ga maksimal. padahal kan objeknya udah keren maksimal.

#abaikan

oh ya karena udah pernah bikin, maka video stop motion durasi 46 detik ini berhasil gue bikin dalam waktu 2 jam saja. hore? horeeeeeeee! itu udah mencakup editing, adding text berikut animationnya, serta galau-galau mau pake backsound lagu apa. (tetep harus ada kata galau ya di setiap postingan? :)) iya lah, mumpung masih taun 2014, mumpung galau masih ngehits) jadi gue pilih lagu band yang lagi gue suka banget belakangan ini, HAIM (@haimtheband) yang judulnya Don't Save Me. oh ya di video ini gue menggunakan sekitar 200an gambar (termasuk teks) dengan hitungan 0.25 detik/gambar. sebetulnya ini bukan video hijab tutorial, plis bukan. gue minder soalnya sama hijab tutorial mbak-mbak di youtube yang cantik-cantik plus niat banget kalo bikin tutorial, makanya gue ogah bikin video tutorial lagi. (*TEEEET* terlalu banyak menggunakan kata 'tutorial'!!)

jadi ya, silakan menonton aja deh. sekian dan terima aku kembali.


#ngok

♥QC

No comments:

Post a Comment