Saturday, August 14, 2010

Karma oh Karma

halo... gimana kabar semua? gimana puasanya? udah ada yang bolong? saya Alhamdulillah yang bolongnya baru 2 dari total 4 hari. biasalah peyeumpuan hehehe. saya mau sedikit cerita di sini, boleh ya? boleh atuh...

saya suka banget kucing. sukaaaaaa sekaliiiii. kemarin itu ceritanya kucing saya yang inisialnya K (kucing) nggak dikasih makan. soalnya hari itu kita makannya sayur2an gitu. kasian dia nggak makan. fyi, kucing saya itu kita kasih makanan sesuai dgn menu makan kita hari itu loh. kalo hari itu kita makan ayam, ya dia dikasi tulangnya, kalo kita makan sate, ya dia dikasi batangnya, kalo kita makan sayur, ya dia dikasi kuahnya. tapi biasanya sih ga mau. hehe cuma bercanda kok. dia paling seneng kalo kita makan pecel lele, soalnya dia dapet bagian kepala lelenya. wuih, makanan favorit dia banget tuh. pokoknya kucingku itu kucing jagoan, dia makan apapun yang disediain, nggak rewel, dan sangat tertib. sumpah ngerasa beruntung banget punya pet macem dia. sayang bangeeeet, udah kayak adik aku sendiri *mulai gila*.

ironis aja gitu ngeliat keadaan kucing saya yang cuma dikasih makan seadanya, atau kadang2 ga dikasih makan sama sekali karena nggak ada daging. dibanding kucing2 persia atau angora orang2 kaya yang harganya jutaan dan pet treatnya harus makanan bermutu kayak whiskas or something, yang kalo ga dikasih makan itu ga bisa makan. gile, kucing gue dikasih whiskas dimuntahin lagi. ga doyan dia hahahahaha. dan juga harus perawatan ke salon sebulan sekali, ke dokter hewan dsb dsb dsb.

sedangkan apa? banyak orang2 miskin di tivi2 yang bunuh diri cuma gara2 ngutang 20ribu ga bisa bayar sakingnya ga bisa makan, disaat kita2 yang berduit manjain pet kita dengan food treat ratusan ribu dan perawatan2. keliatan banget yah bedanya. memang semakin tinggi seseorang, semakin tinggi pula kebutuhan dan blablablanya. misalnya, orang2 dgn ekonomi menengah ke bawah cukup puas dengan makan 3x sehari dan tidur di tempat yang cukup nyaman. tapi orang2 hi-class nggak akan cukup hanya dengan tempat yang 'nyaman', mereka butuh rumah yang kayak istana, mobil mewah, makanan standar internasional (ups kyk sekolah yah SI), dan sebagainya dan sebagainya. itulah hukum rimba, hukum di dunia. kalo di akhirat mah lain lagi critanya. orang2 beriman kayak misalnya Ustadz, Kiyai Haji, Habib, dan orang-orang soleh lah yang Insya Allah dapet tempat paling kaya di surga Allah karena amal sholeh mereka, walopun di dunia mereka hidup serba kekurangan. jadi pengen jadi kaya dimana nih? di dunia atau di akhirat? Insya Allah dua-duanya ya, karna itulah sering2lah beramal soleh dan selalu inget sama Allah ya. Amiiiiin.

kenapa ya saya? tumben banget... hmm dalam rangka bulan Ramadhan juga nih jadi nulis such a things. dan oh ya kita harus inget dengan kekuatan karma loh teman-teman. aku inget cerita Puput temen sekelas waktu SMA, dia bilang dia pernah nemu uang pecahan 100ribu di jalan. Puput yang masih polos, ngambil uang itu lalu dipake jajan. selang beberapa hari kemudian, keluarga Puput ketimpa musibah. adik2nya (2 atau 3, lupa gue) kena demam berdarah semua. barengan doooong, dan habislah duit orangtuanya Puput berkali2 lipat dari 100ribu yang ditemuin Puput. mungkin ini teguran atau cobaan dari Allah. tapi itu sedikit menyadarkan kita kan, bahwa nggak boleh ambil benda yang bukan milik kita.

terus ada cerita lagi, waktu itu rumah masih di komplek PDK, dan kita punya kucing. dapet nemu (lagi), warnanya abu2, waktu itu ga dikasih nama. panggil aja Kucing ya. nah si Kucing ini hamil diluar nikah (yaiyalah) sama kucing tetangga. anaknya banyak, 4 atau berapa gitu lupa banget. beberapa ada yang diambil sama tetangga dan sisanya ada 2. Ibu aku alergi bulu kucing, si Kucing ini aja udah untung ga diusir, akhirnya Ibu sama Babe ngebuang 2 kucing itu. di dua tempat berbeda. kejam emang, tapi demi kebaikan. tapi kawan2, sungguh perbuatan ini jangan ditiru. karena imbasnya beberapa tahun kemudian, kedua anak Ibu dan Babe terpaksa dipisahkan persis kayak kucing2 kecil itu (ngga dibuang sih) karena satu dan beberapa hal. gue dimanaaaaa adek gue dimana. ironis sekali kan... see? karma does exist people, so please watch your step.

oh ya ada 1 lagi, dulu itu waktu lagi jaya-jayanya Babe gue, saya sering membuang2 uang dengan membeli barang dan makanan yang nggak perlu. alhasil makanannya seringnya kelebihan dan nggak kemakan, terus terpaksa dibuang karena terlanjur basi.. what a waste. kalo udah gitu Babe pasti marah. beliau paling nggak suka ngebuang2 makanan, terutama nasi. kata Babe "kalo kamu terus2an ngebuang2 nasi, bisa2 nanti dikutuk Dewi Sri, nggak bisa makan sama sekali lho" gitu... dan tadaaaaaaaaaaa kemarin2 ini, pas lagi jatuh2nya Babe gue, pernah nggak ada makanan sama sekali buat dimakan lho. nggak bohongan. entah beneran dikutuk Dewi Sri atau cobaan dari Allah pokoknya omongan Babe aku beneran kejadian. karena itulah sekarang saya nggak pernah buang2 makanan apapun. daripada mubazir dan jadi nggak bisa makan, mendingan dihabiskan semua makanan yang ada. eh itu namanya rakus ya? bukan, itu teh namanya sayang makanan.

yah begitulah. banyak kejadian2, kemalangan2, atau ketidakbahagian kita yang berasal dari diri kita sendiri. karena itu, berhati2lah dalam berpikir, berkata, maupun berprilaku. karena baik atau buruknya yang kita tanam suatu saat akan kita panen di kemudian hari. banyak kejadian di hidup saya yang sedikit banyak membuat saya berpikir banyak2 sebelum berbuat sesuatu dan menjadikan segala kejadian tidak enak itu sebagai pelajaran berharga dalam hidup. dan nggak akan mengulanginya lagi tentu saja. Insya Allah.

1 kunci lagi. bersyukur. setiap pagi saya bangun dari tidur lalu sholat shubuh kata2 yang selalu saya ucapkan adalah 'Alhamdulillah...' dan 'terima kasih ya Allah'. bersyukur karena masih bisa merasakan hidup di dunia satu hari lagi. bersyukur karena telah diberi begitu banyak berkah, anugerah, maupun cobaan dari Allah karena kita adalah makhluk-Nya yang begitu dicintainya. saya bersyukur atas segala kebahagian maupun kesengsaraan dalam hidup, walaupun terkadang susah banget ikhlas nerima segala keadaan yang nggak menguntungkan itu. tapi Insya Allah dengan kekuatan bersyukur, jiwa kita terasa lebih ringan dan selalu berbahagia dibalik kesengsaraan.

semoga tulisan ini bisa memotivasi teman-teman untuk selalu berhati2 dalam berprilaku dan selalu bersyukur. apalagi di bulan Ramadhan ini. semoga kita semua sama2 mendapat berkah yang tak terhingga di hari yang fitri nanti. dan semoga saya bisa lekas-lekas memantapkan diri saya untuk berjilbab, hehe. Amiiiiiin... Amiiiin... ya Rabbal Alamin...


Salam Ramadhan :))
August, 14th
♥QC

No comments:

Post a Comment